Puan Maharani Sah Jadi Ketua DPR Periode 2019-2024

Publikpos.com – Lima pimpinan DPR periode 2019-2024 mengucapkan sumpah dan janji jabatan dipandu Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali dalam sidang paripurna DPR, Selasa (1/10).

Kelima pimpinan DPR itu adalah Ketua Puan Maharani dari PDIP, Wakil Ketua Aziz Syamsuddin (Golkar), Sufmi Dasco Ahmad (Gerindra), Rahmat Gobel (Nasdem), dan Muhaimin Iskandar (PKB).

Sebelum memandu sumpah, ketua MA mengingatkan bahwa sumpah ini, mengandung tanggung jawab terhadap Tuhan YME dan manusia yang harus ditepati dengan segala keikhlasan dan kejujuran.

“Sebelum memangku jabatan ketua dan wakil ketua DPR, saudara-saudara wajib bersumpah menurut agama Islam. Apakah saudara-saudara bersedia disumpah menurut agama saudara?” tanya Hatta Ali.

“Bersedia,” sahut lima pimpinan DPR.

Berikut isi sumpah lima pimpinan DPR.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya. Sebagai ketua Dewan Perwakilan Rakyat, sebagai wakil ketua Dewan Perwakilan Rakyat dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Sesuai dengan peraturan perundang-undangan, dengan berpedoman kepada pancasila, dan UUD 1945.”

“Bahwa saya, dalam menjalankan kewajiban, akan bekerja dengan sungguh-sungguh, demi tegaknya kehidupan demokrasi, serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi, seseorang, dan golongan. Bahwa saya, akan memperjuangkan, aspirasi rakyat yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional, demi kepentingan bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia.”

Usai pengucapan sumpah, kelima pimpinan DPR menandatangani berita acara. Kemudian, pimpinan sidang sementara yakni anggota DPR tertua Abdul Wahab Dalimunthe yang ditemani anggota DPR termuda Brigitta Lasut menyerahkan palu sidang.

Sebelum pengucapan sumpah, Abdul Wahab Dalimunthe sempat membacakan hasil rapat konsultasi antar fraksi.

“Sesuai hasil rapat konsultasi dan perwakilan parpol bahwa pimpinan DPR Puan Maharani dari PDIP sebagai ketua DPR RI,” kata Abdul Wahab.

“Kedua Aziz Syamsuddin dari Fraksi Golkar sebagai wakil ketua DPR, ketiga Sufmi Dasco dari Gerindra sebagai wakil ketua, keempat Rahmat Gobel dari Nasdem sebagai wakil ketua, kelima Muhaimin Iskandar dari PKB sebagai wakil ketua. Apakah dapat disetujui?” tanya Wahab.

“Setuju,” jawab anggota kompak.

Tepuk tangan riuh menyusul diketuknya palu penetapan pimpinan DPR.

Puan yang duduk bersebelahan dengan Mantan Menkumham Yasonna Laoly nampak senyum semringah usai palu diketuk.

Selain dihadiri para anggota dewan yang baru dilantik, turut hadir Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri, Setkab Pramono Anung dan Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. [mdk]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here