Pengamat: Esemka Punya Potensi Rebut Pasar Otomotif

Publicnews.co.id – Peneliti dari Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Abra Talattof mengatakan, produk mobil Esemka punya potensi untuk merebut pasar otomotif di Indonesia. Terutama untuk segmen kendaraan pickup.

Kehadiran produk pickup Esemka dengan harga yang relatif terjangkau, lanju Abra, akan memberikan makin banyak pilihan bagi masyarakat. Terutama bagi sektor pertanian dan pelaku UMKM.

“Tergantung segmennya. Kalau itu segmen, ada sebagian mobilnya kan pikup. Kalau pickup itu kan diharapkan untuk sektor pertanian juga bisa, UMKM. Mungkin dengan adanya alternatif pilihan bagi konsumen, bisa jadi punya potensi merebut pasar. Karena harga yang jauh lebih murah. Bisa jadi,” ujar dia, saat dihubungi Merdeka.com, Sabtu (7/9).

Meskipun demikian, dia menegaskan bahwa harga yang murah tidak selalu menjadi modal untuk memenangkan persaingan. Yang paling penting bagi Esemka yakni membangun kepercayaan publik terhadap produk-produknya. “Sebetulnya sebelum ada Esemka sudah ada juga brand-brand mobil kendaraan pribadi yang harganya murah. Sebagai contoh Wuling,” kata dia.

“Cuma konteksnya kan persaingan di industri otomotif, harga bukan satu-satunya penentu. Tetap kan keyakinan konsumen terhadap kualitas, track record, dan juga review dari konsumen lain. Bagaimana keberadaan spare parts misalnya. Itu harus dibuktikan dalam perjalanan waktu dan memang harus konsisten,” imbuh dia.

Karena itu, masa-masa setelah peresmian pabrik dan peluncuran produk, merupakan kesempatan bagi Esemka untuk membangun ‘brand’-nya untuk merebut hati konsumen.

“Butuh waktu untuk membangun brand, untuk menumbuhkan kepercayaan publik, kredibilitas dari produknya. Makanya dengan datangnya presiden dan Menteri-Menteri kan bagian dari meng-endorse supaya masyarakat percaya,” tandasnya.

sumber merdeka.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here