Partai PAN akan Jadi Oposisi Jokowi yang Konstruktif

Publikpos.com – Wakil Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Saleh Partaonan Daulay menegaskan, partainya akan berada di garis oposisi dari pemerintah Joko Widodo (Jokowi) untuk periode 2019-2024. Namun, katanya, PAN akan menjadi oposisi yang konstruktif.

“Kami tetap oposisi konstruktif, ya,” kata Saleh kepada wartawan, Jumat (4/10).

Saleh menjelaskan, PAN akan terus mengkritik pemerintah Jokowi. Namun, PAN akan mendukung jika kebijakan Jokowi baik untuk rakyat.

“Tetapi jika pemerintah tidak benar, tentu saja kami akan memperbaikinya, kami akan mengkritiknya,” katanya.

“Semuanya untuk kepentingan pemerintah dan kepentingan rakyat, jadi kita akan berada dalam posisi seperti itu,” katanya.

Dilaporkan sebelumnya, Partai Amanat Nasional (PAN) menyatakan telah berada di luar pemerintah. Ketua Kehormatan PAN Amien Rais mengatakan bahwa PAN tidak akan berada di kabinet Presiden Joko Widodo.

Ketua PAN Zulkifli Hasan membenarkan bahwa PAN akan berada di luar pemerintah. Sebab, banyak yang meminta PAN menjadi oposisi. Zulkifli juga mengakui bahwa tidak mungkin baginya untuk berada di jajaran pemerintah karena banyak pihak telah membawanya. Dia menyatakan, meskipun dalam oposisi, PAN terus mendukung pemerintah Jokowi-Ma’ruf.

“Jadi kami hanya mendukungnya, jangan menggunakan syarat. Kami hanya mendukungnya agar pemerintah akan berhasil Jokowi. Apalagi menghadapi masalah serius seperti sekarang,” kata Zulkifli di kawasan Pluit, Jakarta Utara, Jumat (23/8). [mdk]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here