Moeldoko akan Memiliki Wakil Kepala Staf Kepresidenan

Publik Pos – Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan ada perubahan struktural dalam lembaga yang sedang dipimpinnya. Moeldoko akan didampingi oleh Wakil Kepala Staf.

“Perubahan akan terjadi, akan ada perwakilan Kastaf,” kata Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (11/7).

Menurutnya, Perpres baru mengenai Kantor Staf Presiden (KSP) saat ini sedang disusun. Moeldoko menjelaskan penambahan posisi ini berdasarkan pertimbangan beban kerja. Karena, KSP diberi pekerjaan tambahan sebagai unit pengiriman.

“Mungkin ada pertimbangan beban kerja. Nanti perwakilan staf akan lebih banyak pada unit pengiriman. Kastaf lebih pada kebijakan (kebijakan). Kami akan membaginya seperti itu,” katanya.

Wakil kepala staf adalah posisi baru dalam periode kedua pemerintahan Jokowi. Sebelumnya, mantan Panglima TNI itu hanya didampingi oleh lima deputi dalam menjalankan tugasnya sebagai KSP.

Perwakilan KSP Diisi oleh Profesional


Moeldoko mengatakan wakil kepala staf akan diisi oleh tokoh-tokoh dari para profesional. Mengenai mekanisme pemilihan, katanya, sama dengan wakil menteri dipilih langsung oleh Jokowi.

“Nanti akan langsung dari Presiden. Sama seperti wamen,” katanya.

Tugas tambahan KSP sebagai unit pengiriman adalah untuk memastikan bahwa kebijakan Jokowi dapat disampaikan ke semua lapisan masyarakat. Moeldoko mengatakan bahwa kebijakan tersebut harus direalisasikan dan dioperasikan. Jika nanti ada kendala, maka tugas KSP untuk menyelesaikannya.

“Siapa aktor yang memainkannya? BPKP, setkab, KSP, Bappenas, ada peran itu,” katanya.

Karena alasan ini, Moeldoko menyatakan bahwa partainya membuka rekrutmen untuk karyawan KSP. Dia membuka kesempatan bagi para profesional, partai politik, LSM untuk menjadi sukarelawan untuk bergabung dengan KSP.

“Kami membuka pintu bagi siapa saja yang dapat mendaftar di sini. Dan kami telah menyiapkan tim SDM untuk seleksi,” jelas Moeldoko.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here