KIP Apresiasi Pemko Medan Terkait Informasi Pelayanan Publik

Publikpos.com – Semua aplikasi dan fasilitas informasi yang dimiliki oleh Pemerintah Kota Medan bertujuan untuk memudahkan masyarakat untuk mencapai informasi apa pun, terutama mengenai layanan publik yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Medan. Selain itu, ini adalah tempat untuk dapat menyampaikan aspirasi, kritik, saran dan masukan yang konstruktif agar administrasi pemerintahan menjadi lebih baik.

Hal ini disampaikan oleh Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH yang diwakili oleh Wakil Walikota Ir H Akhyar Nasution MSi ketika ia menjadi pembicara tamu dalam Dialog Indikator tentang Pemantauan dan Evaluasi Indikator Pengungkapan Informasi untuk Badan Publik Provinsi Sumatera Utara yang diadakan di Kantor Komisi Informasi Publik (KIP) Provinsi Sumatera Utara Jalan Bilal Medan, Kamis (22/8/2019). Dialog ini bertujuan untuk memberikan pemahaman, pengetahuan dan informasi terkait dengan sistematis dan kegunaan semua aplikasi layanan publik yang dimiliki oleh Pemerintah Kota Medan.

Di depan komisioner Komisi Informasi Provinsi Sumatera Utara, Wakil Walikota mengatakan bahwa Pemerintah Kota Medan sangat berkomitmen untuk menyampaikan semua informasi yang merupakan hak publik untuk mengetahuinya. Ini diwujudkan dengan adanya informasi online dalam bentuk situs web resmi Pemerintah Kota Medan yaitu https://pemkomedan.go.id dan situs web resmi untuk manajemen informasi dan dokumentasi (PPID) di http: //ppid.pemkomedan. go.id/.

“Sebagai wujud komitmen Pemerintah Kota Medan untuk terus berinovasi dalam hal informasi pelayanan publik. Apalagi sebagai kota metropolitan dengan jumlah penduduk 2,4 juta jiwa tentu membutuhkan informasi yang akurat dan efisien. Untuk alasan ini, kehadiran sejumlah layanan informasi publik online telah menjadi inovasi yang dinilai mampu memberikan kemudahan menemukan dan menggali informasi bagi masyarakat seluas mungkin, “kata Wakil Walikota.

Selanjutnya, didampingi oleh Kepala Kantor Komunikasi dan Informasi Kota Medan Zain Noval, orang nomor dua di Pemerintah Kota Medan menunjukkan video yang memperlihatkan kamar Pusat Komando dan Pusat Data yang berfungsi untuk menyimpan file dan dokumen informasi. Ini juga sejalan dengan komitmen PPID dari organisasi perangkat daerah (OPD) ke kecamatan. Ini kata Akhyar, menunjukkan bahwa semua perangkat semakin membuka diri kepada orang-orang untuk mendapatkan informasi.

“Tidak ada batasan bagi masyarakat untuk mencari dan menggali informasi yang dibutuhkan. Selain itu, setiap aplikasi dan inovasi yang kami lakukan dengan pertimbangan penuh adalah tepat dan tepat sasaran dan membantu banyak pihak terkait. Seperti Area Traffic Control System (ATCS) ) yang dimiliki oleh Pemerintah Kota Medan secara langsung terintegrasi dengan polisi di tingkat Polrestabes hingga Kepolisian Daerah Sumatera Utara, yang membantu untuk mengungkap tindakan kriminal yang terjadi, “katanya.

Melihat presentasi yang disampaikan oleh Wakil Walikota, Ketua KIP Sumut Robinson Simbolon menyatakan apresiasinya kepada Pemerintah Kota Medan karena menunjukkan dan membuktikan komitmen besar dalam memenuhi hak masyarakat atas informasi. Karena itu, ia berharap komitmen ini akan terus dipertahankan dan terus berinovasi mengikuti kebutuhan dan minat masyarakat.

“Kami menghargai setiap langkah yang diambil oleh Pemerintah Kota Medan untuk memberikan ruang bagi publik untuk mendapatkan informasi. Untuk alasan ini, pemantauan dan evaluasi harus terus dilakukan sehingga pengungkapan informasi tentang layanan publik yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Medan semakin mendapat lebih baik;” harap Robinson. [mdk]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here