Ini Alasan PDIP Klaim KPK akan Lebih Kuat dengan Kehadiran Dewan Pengawas

Publikpos.com – Kehadiran Dewan Pengawas di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) setelah UU KPK yang direvisi diberlakukan menuai pro dan kontra. PDIP, salah satu pihak yang sepakat dengan Dewan Pengawas menyatakan KPK akan lebih kuat.

Politisi PDIP yang juga anggota Badan Legislatif Fraksi PDIP, Hendrawan Supratikno mengatakan, UU KPK lama hanya menganut sistem satu tingkat. Padahal UU KPK setelah revisi sudah mengadopsi sistem dua tingkat. Menurutnya sistem dua tingkat lebih kuat dari sistem 1 tingkat.

“Minta pengamat hukum untuk memeriksa kekuatan dan kelemahan sistem dua tingkat yang diangkat dalam revisi UU, dibandingkan dengan sistem satu tingkat yang ada dalam undang-undang lama. Sejarah membuktikan, dalam evolusi lembaga modern, dua Sistem tier lebih mampu bertahan dalam berbagai situasi, “kata Hendrawan, saat dikonfirmasi, Senin (23/9/2019).

Dia menjelaskan, jika sebelumnya pimpinan KPK sebagai yang paling bertanggung jawab. Padahal, sekarang 5 pimpinan KPK dan 5 Dewan Pengawas, dapat saling mengawasi kinerja masing-masing.

Hendrawan menjelaskan, ini tidak hanya diterapkan pada institusi negara. Tetapi perusahaan swasta besar yang sudah mendunia juga melakukannya.

“Tepatnya sebagai institusi negara dengan otoritas besar, sistem ini lebih penting untuk diimplementasikan. Institusi swasta yang tidak menggunakan uang negara dan pejabat tidak bersumpah membutuhkan check and balances, apalagi institusi negara,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here