Indonesia Punya Esemka, Seperti Apa Mobil Nasional Negara Tetangga?

Publicnews.co.id – Presiden Joko Widodo hari ini menghadiri peluncuran Produk dan Fasilitas Produksi PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Sebelum peresmian, Jokowi berkesempatan meninjau aktivitas pabrik dari depan hingga belakang. “Mobil Esemka ini adalah brand Bangsa Indonesia, karya anak bangsa sendiri. Saya sudah lihat sendiri tadi,” katanya.

Dengan kehadiran Esemka, Indonesia menjadi salah satu negara di ASEAN yang mampu memproduksi mobil buatan sendiri.

Negara-negara di ASEAN juga kini bersaing dalam hal menghasilkan produk mobil milik mereka sendiri dengan negara-negara produsen mobil dunia yang sudah jauh lebih maju.(6/9).

Berikut tiga negara di ASEAN yang telah memproduksi mobil nasional

Proton, Malaysia

Malaysia menghasilkan produk mobil bernama Proton. Proton adalah singkatan dari Perusahaan Otomobil Nasional Sdn. Bhd. berdiri pada tahun 1983 atas inisiatif dari Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohammad.

Proton adalah perusahaan produsen mobil pertama di Malaysia yang berlokasi di Shah Alam, Selangor Darul. Awalnya mereka menggunakan mesin otomotif milik Jepang, Mitsubishi, namun mereka berhasil mengembangkan teknologi mereka sendiri.

Proton yang merupakan anak usaha Lotus, memiliki jumlah karyawan sebanyak 10.300 dan mendapatkan pendapatan sebanyak RM 6,49 miliar pada tahun 2008.

Proton Saga, mobil solid yang diluncurkan oleh Proton, dihasilkan berdasarkan cetak biru Mitsubishi Lancer Fiore yang merupakan sedan yang cukup populer pada masanya. Perusahaan Proton memiliki model mobil andalan mereka adalah Proton Saga FLX.

Seperti dijelaskan Mobiloka.com, Proton Saga FLX memiliki dan meletakkan mesin 1,3 liter, in-line 4 silinder DOHC di bawah kap mobilnya, yang mampu mencapai tenaga puncak 94hp pada 5750 rpm dengan tenaga putaran puncak 120 Nm pada 4000 rpm.

Mesin dengan kapasitas 1,3 liter ini mengonsumsi sekitar 5,7 liter bahan bakar, secara rata-rata menempuh jarak 100 km pada medan yang beragam. Mobil ini memiliki tanki bahan bakar yang cukup besar dengan kapasitas 40 liter.

Mobil Proton Saga FLX memiliki desain eksterior dengan grille depan menggenggam lambang dan sayap-sayap Proton yang menarik dan mampu memberikan perasaan penyejukan di mata. Ukuran mobil ini 4278 mm x 1680 mm x 1520 mm, dengan jarak roda 2465 mm.

Sisi lain pada interior mobil ini memiliki desain sederhana tetapi anggun. Mobil ini seluruhnya berwarna hitam dengan kursi yang dilapisi kulit. Mobil yang dilengkapi fasilitas berbaring dan geser dapat menambahkan rasa nyaman yang lebih.

Mengenai keselamatan dan keamanan, Proton Saga FLX dilengkapi sistem immobilizer yang dipasang untuk menjaga kendaraan dari pencurian. Sistem alarm pencurian juga tersedia.

Thai Rung, Thailand

Sebagian orang mungkin tahu bahwa Toyota, Mazda, hingga Ford, berbasis produksi di Thailand. Namun Thailand juga memproduksi perusahaan mobil nasional milik negara mereka.
Thai Rung Union Car didirikan pada 1967 oleh Vichien Phaoenchoke, sosok ahli modifikasi truk pikap di Thailand.

Perusahaan BUMN Thailand ini memproduksi mulai dari rancangan produk hingga berbagai pengembangan dan suku cadang otomotif.

Dari awal produksi Thai Rung memodifikasi mobil pikap Isuzu dengan membawa merek TR. Sejak 1979 Thai Rung sudah memproduksi lebih dari 20 model kendaraan modifikasi.

VinFat, Vietnam

Induk perusahaan VinFast, Vingroup memasuki industri otomotif kurang dari dua tahun setelah mengumumkan rencana untuk memproduksi pada 2017 lalu.
Salah satu produksi Vietnam yang diperkenalkan adalah Sedan LUX A2.0.

Sedan Vinfast ini memiliki tampilan lampu depan yang sipit dan raut muka yang lebih dewasa. Mobil ini menggunakan lampu LED, dengan tarikan garis krom yang bertemu di tengah grille, dengan logo V. Sedan ini memiliki Grille yang lebar dan menganga, mengikuti tren global.

Bagian belakang sedan ini seperti sedan Tesla. Dari kejauhan, tampak seperti logo sayap Batman, yang punya titik temu V (dari logo mobil). Sedan ini menggunakan bensin 2.0 liter turbocharger, berasal dari BMW N20. Output yang dihasilkan di kisaran 175 Tk hingga 227 Tk.

Kini mobil tersebut sudah dapat dinikmati oleh masyarakat.

Sumber Merdeka.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here