Imbas Revolusi Industri 4.0 Kata Bos Bukalapak: 800 Juta Pekerjaan Akan Hilang

3 views

Publikpos.com – Rekan Pendiri dan Presiden Bukalapak, Fajrin Rasyid mengatakan bahwa akan ada sekitar 800 juta pekerjaan yang hilang di seluruh dunia karena revolusi industri 4.0

Dia mengatakan ini dalam peluncuran buku ‘Pancasilanomics: Jalan Menuju Keadilan dan Kemakmuran oleh Wakil Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEIN) Arif Budimanta.

Meski begitu, pekerjaan baru yang muncul akan lebih dari pekerjaan yang hilang. Oleh karena itu, banyak pertimbangan yang menyertai ketika membahas prospek Industri 4.0.

“Penelitian dari McKinsey menyebutkan bahwa 2030, 400-800 juta pekerjaan akan hilang di seluruh dunia. Namun, pada saat yang sama itu juga akan menciptakan lebih banyak pekerjaan baru, yaitu 900 juta pekerjaan. Jadi sebenarnya ada lebih banyak pekerjaan baru,” katanya dalam Jakarta, Senin (7/9).

Dia mengatakan, memang ada banyak penelitian dari berbagai dunia tentang dampak positif dan negatif dari revolusi industri 4.0. Karena itu, banyak penelitian tentang perkembangan teknologi yang mengganggu ini, termasuk untuk Indonesia sendiri.

“Pertanyaannya adalah apakah di Indonesia lebih banyak pekerjaan baru akan hilang? Apakah 4,0 positif atau negatif. Meningkatkan ketidaksetaraan atau mengurangi ketidaksetaraan,” katanya. [mdk]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here