Evakuasi Pendaki di Gunung Raung Berlangsung Dramatis

Publikpos.com – Proses evakuasi 13 pendaki yang terperangkap di tengah hutan kebakaran Gunung Raung, Jawa Timur, berlangsung dramatis. Tim pencarian dan pertolongan (SAR) gabungan mendapati 13 pendaki yang mana tujuh di dalamnya mewakili warga asal Singapura mengalami kesulitan parah.
 
“Para pendaki memperbaiki luka bakar dan lecet,” ujar Koordinator Pos SAR Jember, Asnawi Suroso, Sabtu, 5 Oktober 2019.
 
Asnawi memerinci 13 pendaki terdiri dari dua orang pendamping, dua orang porter, dua pendaki lokal, dan tujuh orang pendaki asal Singapura. Usai dievakuasi para pendaki untuk mendapatkan pemeriksaan medis dari petugas Puskesmas Kalibaru, Banyuwangi, Jawa Timur.

“Para pendaki sudah berada di Pos Kalibaru. Polsek Kalibaru juga akan meminta keterangan para pendaki,” katanya.
 
Asnawi mengatakan tim SAR menggabungkan dua SRU (Unit SAR) untuk membantu evakuasi 13 orang pendaki di Gunung Raung. Para pendaki ditemukan di kamp 4 sekitar jalur pendakian Kalibaru sekitar pukul 02.36 WIB, Sabtu, 5 Oktober 2019. Setelah diberi makan dan istirahat tim mengevakuasi hingga para pendaki ke camp 2.
 
“Alhamdulillah proses evakuasi 13 orang pendaki berjalan dengan aman dan cepat. Sempat terkendala angin gunung yang cukup kencang dan masih ada kebakaran di beberapa titik di sekitar jalur pendakian Gunung Raung, ”pungkasnya. [mcm]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here