Buron 4 Tahun, Mantan Anggota TNI Di Aceh Utara Ini Dibekuk Polisi

Publikpos.com – Setelah empat tahun diburu oleh Kepolisian Daerah Aceh Utara, seorang mantan anggota TNI bernama M Azhar alias Apa Tanyak (34) akhirnya menghentikan petualangannya. Dia ditangkap ketika kembali ke rumahnya.

Apa Tanyak, warga Kota Panton Labu, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara ditangkap pada Kamis (3/10). Dia melarikan diri setelah persidangan di Pengadilan Distrik Lhoksukon, Aceh Utara, Senin, 16 November 2015.

“M Azhar ditangkap lagi setelah empat tahun dalam pelarian sejak melarikan diri setelah persidangan kasus narkoba yang menjeratnya pada tahun 2015,” kata Kasatres Narkotika Polisi Aceh Utara, AKP Ildani, Sabtu (5/10).

Dia berkata, Apa Banyak yang melibatkan kasus narkoba. Tetapi selama persidangan dia melarikan diri. Meski demikian persidangan untuknya terus berlanjut hingga putusan itu dilaksanakan in absentia pada 16 Desember 2015 lalu.

In absentia adalah upaya untuk mengadili seseorang dan menghukum mereka tanpa kehadiran terdakwa. Karena terdakwa melarikan diri pada saat persidangan.

“Mantan anggota TNI ini harus menjalani hukuman setelah dijatuhi hukuman ke pengadilan selama 6 tahun,” jelas Ildani.

Ketika dia melarikan diri, Ildani mengungkapkan bahwa pembelot TNI menggunakan pengawalan yang ceroboh sebelum matahari terbenam. Pada saat itu, mereka ingin kembali ke Pusat Penahanan Negara Lhoksukon setelah menjalani persidangan.

“Azhar melepas borgol di tangan kirinya. Setelah borgol dilepaskan, dia melarikan diri ke perkebunan kelapa sawit,” pungkasnya. [mdk]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here